Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

HATI-HATI!!! ADA PENEBANGAN POHON DAERAH RAWAN PERGERAKAN TANAH DI DESA PONDOKBUNGUR

HATI-HATI!!! ADA PENEBANGAN POHON DAERAH RAWAN PERGERAKAN TANAH DI DESA PONDOKBUNGUR

 

BPBD Kabupaten Purwakarta dan praja IPDN bergotong-royong untuk melakukan penebangan beberapa pohon disekitar jalan yang berada didaerah rawan pergerakan tanah di Desa Pondokbungur sebagai upaya mitigasi bencana. Selaras dengan apa yang disampaikan saat melakukan sosialisasi kebencanaan pencegahan atau mitigasi sangat penting untuk dilakukan. Tim BPBD Purwakarta dan Praja IPDN langsung berangkat ke tempat pohon yang dianggap rawan. Kegiatan Observasi dan penebangan pohon  tersebut dilakukan dengan peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Petugas dari BPBD dibantu Praja IPDN melakukan penebangan pohon yang sudah tua dan diwilayah yang rawan untuk mengantisipasi pohon yang tumbang dan mengancam keselamatan masyarakat.

Upaya pencegahan dari Tim BPBD Purwakarta tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya cuaca ekstream yang melanda wilayah Bungursari seperti pada saat musim penghujan yang disertai angin kencang . BPBD juga menjelaskan adanya 2 titik rawan yaitu zona menengah dan zona tinggi. Zona menengah dapat terjadi pergerakan tanah jika cuaca hujan diatas normal, terutama didaerah yang berbatasan langsung dengan lembah, sungai, tebing jalan , atau lereng sedangkan zona tinggi yaitu gerakan tanah lama yang dapat aktif kembali.

Adanya pencegahan potensi-potensi kerusakan akibat kebencanaan yang digagas oleh Tim BPBD Purwakarta tersebut agar dapat disikapi dengan baik, sehingga masyarakat menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. BPBD juga menyampaikan agar seluruh masyarakat bersinergi untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama disungai dan disepanjang jalan desa Pondokbungur agar tidak menimbulkan potensi kebencanaan dikemudian hari. 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *