Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Heboh! Antusiasme Warga Pondokbungur Saat BPBD Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bersama Praja IPDN

Heboh! Antusiasme Warga Pondokbungur Saat BPBD Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bersama Praja IPDN

BPBD Kabupaten Purwakarta (Kamis, 7 September 2023) bertempat di Balai desa Pondokbungur melaksanakan kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana  dengan mengambil tema “Menuju Purwakarta Tanggap Bencana”

Dihadapan 45 orang yang merupakan perwakilan dari semua unsur masyarakat dan 9 praja IPDN yang saat ini sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja, BPBD menyampaikan pentingnya masyarakat tanggap bencana dilingkungan sekitar. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan pengertian dari bencana serta jenis-jenis bencana yang biasa terjadi dimasyarakat. Peserta juga mendapatkan pengarahan cara menghadapi ketika terjadi bencana. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir banyaknya korban jiwa jika masyarakatnya sudah dibekali dengan ilmu kebencanaan sebelumnya. Penanganan bencana merupakan urusan semua pihak bukan hanya pemerintah namun masyarakat juga memiliki peran dan tanggung jawab dalam menumbuhkan kesadaran kesiap-siagaan bencana.

Suasana diruangan mendadak heboh saat pemateri dari BPBD menanyakan apa yang menjadi kendala dimasyarakat dalam menghadapi bencana, ternyata banyak hal yang menjadi keluhan dari masyarakat terkait kebencanaan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat dapat mengubah cara pandang dalam menyikapi bencana yang awalnya hanya respon menuju paradigma lain yaitu penggurangan resiko bencana, sehingga tumbuhlah sebuah budaya didalam masyarakat yaitu kesadaran, kewaspadaan, dan kesiap-siagaan masyarakat sesuai tema yang diambil yaitu “Menuju Purwakarta Tanggap Bencana". 

-BKP101

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *